Peneliti Australia Temukan 'Monster Ayam Tak Berkepala' di Antartika


V9NEWS || - Penampakan timun laut Enypniastes eximia atau disebut juga dengan nama 'Monster Ayam Tak Berkepala' berhasil direkam oleh kamera para peneliti Australia di Lautan Selatan di lepas pantai Benua Antartika bagian timur.

Business Insider melaporkan, hal ini merupakan pertama kalinya penampakan timun laut ini terlihat dan berhasil ditangkap kamera di Samudra Antartika, samudra yang mengelilingi Benua Antartika.

Sebelumnya penampakan timun laut yang bisa berenang ini pernah terekam di Teluk Meksiko pada kedalaman tiga kilometer.

Timun laut yang terekam di perairan Antartika kali ini memiliki ukuran mirip bola basket dan bisa berenang menggunakan siripnya yang unik. Penampakan timun laut unik ini merupakan hasil kamera survei peneliti Australia yang ingin mempelajari keadaan dasar laut di daerah Samudra Antartika.

"Bagian penyimpan kamera dan elektronik didesain untuk menempel pada ikan laut Antartika toothfish, jadi kamera haruslah sangat kuat dan tahan lama," kata Dirk Welsford, pemimpin program Australian Antarctic.

"Beberapa gambar yang berhasil kami dapatkan dari kamera sangat menakjubkan, bahkan kita bisa melihat spesies-spesies yang sebelumnya tidak pernah kita lihat di daerah ini," tambahnya.

Welsford kemudian mengatakan bahwa kamera tersebut juga memberikan informasi mengenai daerah mana yang bisa digunakan untuk memancing dan daerah sensitif mana yang harus dihindari.

Data yang diambil dari kamera ditampilkan pada acara CCAMLR (Commission for the Conservation of Antarctic Marine Living Resources) di kota Hobart, Australia.

Komisaris CCAMLR Australia Gillian Slocum mengatakan bahwa negaranya akan terus mendorong masalah konservasi keanekaragaman hayati, perubahan iklim, dan juga manajemen penangkapan ikan berlandaskan sains di Samudra Antartika.

"Australia akan mencari dukungan untuk pembuatan area perlindungan di sebelah timur Antartika," kata Slocum.

"Kami juga akan mendukung dua area perlindungan yang baru diajukan tahun ini. Area itu akan menjadi menunjukkan komitmen CCAMLR di Samudra Antartika," tambahnya.

Slocum menjelaskan bahwa Samudra Antartika merupakan rumah bagi kehidupan laut yang beragam yang beberapa di antaranya sangat dicari untuk dijual secara komersial.

Sumber : Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS (NOAA))

Post a Comment

0 Comments