Dolar AS Terus Menjauh dari Posisi Rp 15.000


V9NEWS || - Dolar Amerika Serikat (AS) mengalami pelemahan terhadap rupiah. Mata uang Paman Sam tersebut dibuka di level Rp 14.816.

Mengutip data perdagangan Reuters, Senin (10/9), di pasar valuta asing, dolar AS kemudian turun tipis ke posisi di Rp 14.815. Posisi dolar AS hari ini kemudian naik tajam ke posisi Rp 14.830.

Analis Binaartha Sekuritas M Nafan Aji Gusta Utama mengatakan di tengah harapan akan kembali terjadinya penguatan terhadap rupiah, pergerakan rupiah cenderung berbalik melemah ke level terendah terbarunya hingga Rp 14.685 per USD setelah pelaku pasar merespon rilis kenaikan pertumbuhan ekonomi AS.

Tidak hanya itu, kembali meningkatnya kekhawatiran pelaku pasar jelang kesepakatan dagang antara AS dan Kanada turut meningkatkan permintaan akan aset-aset safe haven, terutama USD.

Di sisi lain, pelaku pasar juga mengkhawatirkan masih berlanjutnya potensi perang dagang terutama setelah AS kembali berencana mengenakan tarif tambahan atas impor sejumlah barang dari China senilai USD 20 miliar.

Secara year to date (ytd), nilai dolar AS hari ini masih menguat terhadap rupiah sebesar 9,1 persen.

Sumber : Kumparan.com

Post a Comment

0 Comments